Thursday, November 16, 2017

Ponaryo Astaman Pensiun, Ini Pesannya Untuk Para Pemain Muda

Infobolaharian - Judi Online Ponaryo Astaman resmi pensiun sebagai pesepakbola pada akhir pekan lalu. Ponaryo punya pesan untuk para pemain muda yang sedang membangun karier. Ponaryo gantung sepatu di usia 38 tahun. Laga terakhirnya adalah saat membantu Borneo FC mengalahkan Arema FC 3-2 di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu (11/11/2017).
Ponaryo Astaman Pensiun, Ini Pesannya Untuk Para Pemain Muda
Ponaryo Astaman


Usia 38, mau berapa lagi, kebanyakan rata-rata pemain pensiun di usia 35 ke atas, ujar Ponaryo menjelang Tribute Match Choirul Huda di Lamongan. Dalam kariernya sebagai pemain, Ponaryo pernah memperkuat PKT Bontang, PSM Makassar, Melaka TMFC, Arema, Persija Jakarta, Sriwijaya FC, dan Borneo FC. Dia memenangi Indonesia Super League (ISL) dan Piala Indonesia bersama Sriwijaya FC.

Dari segi prestasi, agen bola terpercaya mungkin memang saya meraih juara Liga Indonesia waktu memperkuat Sriwijaya, tapi klub-klub itu mempunyai kenangan tersendiri, yang tidak bisa saya lupakan, kata Ponaryo. Ponaryo merupakan salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki Indonesia dan pernah menjadi kapten timnas. Dengan koleksi 62 caps, dia menyumbangkan dua gol dan tampil di Piala Asia 2004 dan Piala Asia 2007.

Sebuah kebanggaan bermain di timnas, tapi saya berpikir belum ada sesuatu yang besar yang bisa saya berikan buat negara, katanya. Setelah gantung sepatu, Ponaryo mengambil kursus kepelatihan lisensi A AFC. Hanya saja, dia mengaku belum sepenuhnya mantap untuk menjadi pelatih. Saya sekarang masih aktif di kepengurusan APPI, jadi belum memantapkan hati menentukan pilihan, katanya.

Bagi pemain muda, Ponaryo berpesan bahwa bermain sepakbola adalah bagian dari tim, sehingga sehebat-hebatnya seorang pemain akan tetap butuh dukungan dari rekan setim. Ponaryo juga berpesan agar selalu disiplin dalam segala hal. Mereka boleh besar, boleh menjadi bintang, mereka boleh skillful, mereka boleh hebat, tapi harus disadari mereka bagian dari sebuah tim, pesannya.

No comments:

Post a Comment